Search This Blog

Loading...

Translate

Hasil Quick Count Pilkada Biak Numfor 2013

Hasil Quick Count Pilkada Biak Numfor 2013

(1) Yesaya Sombuk/Thomas AE Ondy, 
(2) Yotam Wakum SH/Mahasunu S.IP., 
(3) Nehemia Wospakrik/Andi Firman, 
(4) Dr. Lamech Ap/Willem K.Rumpaidus , dan 
(5) Drs. Johanis Than, M.M.,/Absalom Rumkorem S.Pt., M.M. 
(6) Prof. Dr. Yohana Susana Yembise/Frits G.Senandi, 
(7) Habel Rumbiak S.H.,/Festus Wompere S.IP., 
(8) Drs. Demianus F.Dimara/dr. Daniel Lantang, M.Kes

BIAK - Bupati Biak Numfor, Papua, Yusuf Melianus Maryen, menetapkan waktu pencoblosan atau pemungutan suara pada pemilihan kepala daerah (pilkada) setempat, Selasa, 10 September 2013 sebagai hari libur daerah. Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Abdul Kahar yang dihubungi Biak, Minggu (8/9) mengatakan Surat Keputusan Bupati No 131 tahun 2013 tentang waktu libur saat pencoblosan itu sudah diedarkan untuk diketahui oleh masyarakat luas di Kabupaten Biak Numfor. “Dengan keluarnya surat keputusan penetapan hari libur waktu pilkada, maka harus dipatuhi semua warga Kabupaten Biak Numfor,” kata Abdul Kahar berharap. 

Ia mengakui bahwa penetapan waktu libur pilkada itu diharapkan memberikan kesempatan luas bagi semua warga Biak Numfor untuk menyalurkan hak politiknya secara demokratis pada 10 September 2013. Harapan dari jajaran Pemkab Biak Numfor, menurut Sekda Abdul Kahar, agar selama proses pemungutan suara pilkada bisa berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. “Saya imbau semua elemen masyarakat dapat menyukseskan pesta demokrasi dalam Pilkada Bupati Biak Numfor ini secara damai dan demokratis,” ujar Kahar. Kerahkan 372 Personel Sementara itu Kepolisian Resor (Polres) Biak Numfor, Papua mengerahkan 372 personel untuk mengamankan tahapan pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati setempat pada 10 September 2013. Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) AKBP Esterlina Sroyer, B.A., di Biak, Minggu, mengakui untuk membantu pengamanan selama tahapan Pilkada Bupati Biak, pihak kepolisian juga akan didukung 20 personel Brimob dan 100 prajurit TNI. “Jajaran Polres Biak Numfor sudah mengerahkan kekuatan penuh untuk mengamankan tahapan Pilkada hingga memasuki pemungutan suara pada 10 September 2013,” ungkapnya. 

Hingga saat ini, personel Polres Biak Numfor telah disiagakan membantu pengamanan distribusi logitisk Pilkada ke sejumlah lokasi tempat panitia pemilihan Distrik di Kepulauan Numfor. Pengiriman logistik Pilkada Bupati Biak, menurut AKBP Esterlina, akan mendapat pengamanan esktra daru personel Polres Biak hingga ke lokasi tujuan. “Setiap tempat pemungutan suara saat Pilkada Bupati Biak pada 10 September akan dijaga oleh satu personel Polres,” ungkap Kapolres perempuan Papua yang pertama di jajaran Polda Papua itu. 

Kapolres AKBP Esterlina berharap semua elemen masyarakat untuk turut serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan sekitar sehingga proses Pilkada Bupati Biak Numfor berlangsung aman dan kondusif. Hingga H-2 pencoblosan pemungutan suara Pilkada Bupati Biak Numfor, para tim sukses dari delapan cabup telah intensif melakukan pembekalan saksi untuk disebar di 352 tempat pemungutan suara pada 10 September 2013. Berdasarkan data penetapan KPU 25 Juli 2013 sebanyak delapan pasangan cabup menjadi peserta Pilkada Bupati pada 10 September 2013 yakni 



Hasil Quick Count Pilkada Biak Numfor 2013

Pasangan calon Bupati Yotam Wakum SH dan Wakil Bupati Mahasunu S.IP unggul di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 3, Kelurahan Mandala, Distrik Biak Kota dengan 79 suara mengalahkan tujuh pasangan Cabup lain pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 10 September 2013, Selasa.

TPS 3 Mandala dari suara sah 240, tujuh pasangan lain yakni Yesaya Sombuk/Thomas Ondy meraih 42 suara, Nehemia Wospakrik/Andi Firman 39 suara, pasangan Lamech Ap/willem Rumpadus tujuh suara dan pasangan Johanis Than/Absaom Rumkorem 41 suara.

Sedangkan pasangan Cabup Prof Yohana Yembise/Frits G.Senandi tiga suara, Habel Rumbiak/Festus Wompere delapan suara dan pasangan Demianus F.Dimara/Daniel Lantang dengan 17 suara.

Di TPS 10 Kelurahan Fandoi, pasangan No 2 Yotam Wakum/Mahasunu meraih 120 suara, psangan Yesaya Sombuk/Thomas Ondy 33 suara, Nehemia/Andi Firman Firman 37 suara, Lamech Ap/Willem Rumpaidus 16 suara, Johanis Than/Absalom rumkorem 5 suara.

Sementara pasangan Prof Yohana Yembise/Frits G.Senandi 11 suara, Habrl Rumbiak/Festus Wompere 11 suara dan psangan Demisnua Dimara/Daniel Lantang sembilan suara.

Pasangan Cabup Yamaha saat meninjau TPS 10 Fandoi, mengakui, pendukung dan tim koalisasi pasangan Yamaha untuk mengawal hasil Pilkada di setiap TPS kampung dan kelurahan hingga penetapan dilakukan panitia pemungutan suara setempat.

"Hasil final perolehana suara Pilkada masih berjalan di setiap TPS saya harap menunggu penghitungan suara manual di masing-masing TPS," harap Cabup kalangan muda Biak Yamaha.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan umum Biak Milliam P.Tiblola mengatakan, untuk hasil final perolehan suara Pilkada Bupati Biak Numfor harus menunggu rekapitulasi manual dari 352 TPS di 19 panitia pemilihan distrik/kecamatan.

Ia mengatakan, pihak KPU tidak melakukan quick count (hitung cepat) sehingga hasil final rekapitulasi manual 352 TPS yang menjadi rujukan penghitungan resmi KPU.

"Saya harap masyarakat diminta menunggu hasil final Pilkada yang dkan diumumkan KPU sesuai jadwal saat penetapan perolehan suara tingkat Kabupaten Biak Numfor,"katanya.

Hingga Selasa pukul 16.45 WIT sejumlah 352 tempat pemungutan suara masih melakukan rekapitulasi penghitungan suara perolehan delapan pasnagan Cabup di Pilkada Biak Numfor berlangsung 10 Septemner 2013. sumber berita : (http://www.ciputranews.com/ibu-kota-daerah/pasangan-yamaha-ungguk-di-tps-3-biak)



KabupatenBiak Numfor merupakan gugusan pulau yang berada di sebelah utara daratan Papua dan berseberangan langsung dengan Samudera Pasifik. Posisi ini menjadikan Kabupaten ini sebagai salah satu tempat yang strategis dan penting untuk berhubungan dengan dunia luar terutama negara-negara di kawasan Pasifik, Australia atau Filipina. Letak geografis ini memberikan kenyataan bahwa posisinya sangat strategis untuk membangun kawasan industri, termasuk industri pariwisata.

Dari dasar data hasil Sensus Penduduk Tahun 2010 dengan proyeksi penduduk pertengahan tahun, jumlah penduduk Kabupaten Biak Numfor Tahun 2011 adalah 130.593 jiwa yang terdiri dari 67.194 laki-laki dan 63.399 perempuan. Jumlah penduduk paling besar berada di Distrik Biak Kota sebesar 43.134 jiwa dengan kepadatan penduduk 1.005,69 jiwa per km2.

Kabupaten Biak Numfor terletak di Teluk Cenderawasih pada titik 0°21'-1°31' LS, 134°47'-136°48' BT dengan ketinggian 0 - 1.000 meter di atas permukaan laut.

Kabupaten Biak Numfor berbatasan dengan empat tempat yaitu: Sebelah Utara: Kabupaten Supiori dan Samudera Pasifik, Sebelah Selatan: Selat Yapen, Sebelah Barat: Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Supiori, dan Sebelah Timur berbatasan dengan: Samudera Pasifik.

Profil Kabupaten Biak Numfor:
Provinsi: Papua; Ibu kota: Biak: Bupati: Yusuf Melianus Maryen; Luas: 21.572 km² (total) = 3.130 km² (daratan) dan 18.442 km² (lautan); Populasi:  - Total: 110.897 jiwa (2003), Kecamatan: 19, Kelurahan: 8 kelurahan dan 181 kampung; Situs web: www.biakkab.go.id

Hasil Quick Count Pilkada Biak Numfor 2013

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.