Search This Blog

Loading...

Translate

Hasil Rapat Pleno KPU Pilkada Jombang 2013

Penghitungan manual rekapitulasi hasil Pilkada Kabupaten Jombang selesai dilakukan, Senin (10/6/2013) siang. Pasangan Nyono Suharli-Mundjidah Wahab (Noah), resmi menjadi Bupati Jombang terpilih. Hasil rekapitulasi yang dilakukan KPUD Kabupaten Jombang, pasangan nomer urut 1 yakni Munir Alfanani-Wiwik Nuriati (Mukti), memperoleh 38.039 suara.

Untuk pasangan nomer urut 2 yakni Widjono Soeparno dan Sumrambah (Wira), memperoleh 234.819 suara. Sedangkan pasangan nomer urut 3 yakni Nyono Suharli-Mundjidah Wahab (Noah), berhasil memperoleh 401.576. Pada Pilkada Jombang tahun 2013 ini, total Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah 998.463. Untuk suara tidak sah mencapai 27.307 dari total pemilih hadir 701.741 suara. Ketua KPUD Jombang Machwal Huda mengatakan, saksi-saksi pasangan calon tak ada yang keberatan dalam penghitungan ini. "Semua saksi menerima penghitungan ini," katanya kepada detikcom usai rekapitulasi. Sementara untuk penetapan Bupati dan Wakil Bupati Jombang terpilih, KPUD akan melakukan rapat pleno hari ini juga. "Hari ini rapat pleno penetapan akan dilakukan. Hari ini selesai dan pasangan terpilih ditetapkan," ujarnya. Dalam Pilkada Jombang, Nyono Suharli yang menjabat Ketua DPD Golkar didampingi Mundjidah Wahab, putri pendiri NU KH Abdul Wahab Chasbullah. Keduanya diusung Partai Golkar 7 kursi di DPRD, PPP 5 kursi, PKS 2 dan Partai Demokrat 7. Sebelumnya - KPU Kabupaten Jombang Menggelar Pemilukada Kabupaten Jombang pada tanggal 5 Juni 2013 utuk memilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Jombang Periode Tahun 2013-2018. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang menetapkan tiga pasangan calon yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah setempat. 

Tiga pasangan calon yang yang akan bertarung tersebut adalah pasangan Munir Alfanani dan Wiwik Nuriati, pasangan Nyono Suharli Wihandoko dengan Mundjidah Wahab, dan pasangan terakhir Widjono Soeparno dengan Sumrambah. Dari Hasil Quick Count Pilkada Jombang 2013, Pasangan Nyono - Mundjidah (NOAH) telah diprediksi memenangkan Pilkada Jombang dengan perolehan 58,37 persen suara oleh Pusdeham. Data berdasarkan 81 TPS yang sudah masuk hingga pukul 14.45 WIB Rabu (5/6/2013). Pasangan nomor urut 3, Nyono Suharli - Mundjidah Wahab (Noah) sementara unggul 58,37 persen dalam hitung cepat yang digelar Pusdeham. Sedangkan pasangan nomor urut 2, Widjono Soeparno - Sumrambah (WIRA) mengantongi 34,63 persen. Dan pasangan Munir Alfanani - Wiwik Nuriati (Mukti) mendapatkan 7 persen. Data tersebut berdasarkan 81 TPS yang sudah masuk. "Berdasarkan hitung cepat hingga pukul 14.45 WIB, kami unggul 58 persen. Kami yakin perolehan suara itu semakin bertambah. Sehingga pasangan Noah sanggup memenangi pilkada Jombang," kata KH Hasib Wahab, tim pemenangan pasangan Noah ketika ditemui di posko pemenangan, Rabu (5/6/2013). Quick Count (QC) Pusdeham digelar di pemenangan pasangan Noah di Jalan Raya Wahab Chasbullah Tambakberas Jombang.  

Sementara itu, Lembaga Riset dan Pengembangan Masyarakat (Lerpam) sebelumnya mengadakan Survei pada 1–30 Maret untuk Pilkada Jombang 2013. Survei tersebut merilis Nyono-Munjidah Tempati Posisi Teratas sedangkan Elektabilitas pasangan calon bupati-calon wakil bupati (cawabup-cawabup) Kabupaten Jombang, Munir Al Fanani – Wiwik Nuriati (Mukti) yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) menempati urutan terbawah. Berdasarkan hasil survei Lerpam yang melibatkan 360 responden, Pasangan Nyono Suherly-Munjidah Wahab (Nyono-Munjidah) mendapat respon sebesar 41 persen. Pasangan Widjono Soeparno-Sumrambah (Wira) menempati urutan kedua dengan perolehan sebesar 35 persen. Survei tersebut merilis pasangan Mukti meraih 7 persen dukungan dibawah dua pasangan lainnya. Sedangkan 17 persen responden tidak menentukan pilihan terhadap ketiga pasangan calon peserta Pilkada. Menurut Ja’far Shodiq, Sekretaris Tim Pemenangan pasangan Noah, hasil tersebut bisa menambah energi dan semangat timnya untuk bertarung dalam Pilkada Jombang. Namun, pihaknya akan mengoptimalkan segala potensi untuk pemenangan Pilkada dan tidak terlalu bergantung pada hasil survei. “Kita lebih memaksimalkan peran semua elemen pendukung dan relawan Nyono-Munjidah agar peningkatan elektabilitas lebih maksimal. Kami juga akan berupaya agar Pilkada bisa berjalan satu putaran, supaya bisa menghemat APBD,” kata Ja’far. -Hasil Quick Count Pilkada- 

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.